I. Nama
sekolah :
Mata
pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas
/ semester : XI
Alokasi
waktu : 4 X 45
Nama
calon guru : Septiawaty W.
Bengu
II. Standar
kompetensi
Berkomunikasi
dengan bahasa inggris setara dengan level elementary
III. Kompetensi
dasar
Menceritakan
pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang
IV. Indikator
v Ungkapan tentang kegiatan masa lampau dikemukakan dengan benar dengan
menggunakan Tense yang benar.
v Memahami penggunaan bentuk Simple Past dalam kalimat.
v Menggunakan Simple Past dalam kalimat.
V. Karakter yang dikembangkan :
ü Berpikir logis,kritis,kreatif
dan inovatif.
ü Rasa ingin tahu.
ü Rasa menghargai karya dan
prestasi orang lain.
ü Kerjasama,kerjakeras,disiplin,jujur,peduli
dan mandiri.
ü Bersahabat/berkomunikasi
ü Senang membaca.
ü Tanggung jawab.
ü Peduli lingkungan,cinta
damai.
VI. Materi pembelajaran
a. Pokok
materi : GRAMMAR REVIEW
Sub pokok materi : Construction with (
Simple Past )
Simple Past
(+) I
went to school yesterday
( -) I
did not go to yesterday
(?) Did
you go to school yesterday ?
VII. Tujuan pembelajaran
a) Siswa memahami penggunaan
Simple Past dalam kalimat.
b) Siswa mampu menggunakan Simple
Past dalam kalimat.
VIII. Uraian pembelajaran
SIMPLE PAST TENSE
Inti dari simple past tense adalah menyatakan peristiwa yang telah lampau.
Lampau disini tak harus sudah sangat lama, yang penting sudah berlalu, sudah
lewat. Mungkin kemarin, satu jam lalu, 2 tahun lalu, 2 abad yang lalu, dsb.
Semua itu sudah “past”. Itulah penekanannya.
A. STRUKTUR KALIMAT:
- POSITIVE
SENTENCE
subject
|
+
|
main verb
|
(past)
|
Contoh: John went to London last year. (John pergi ke London tahun
lalu.)
- NEGATIVE
SENTENCE
subject
|
+
|
auxiliary verb
|
+
|
not
|
+
|
main verb
|
(did )
|
(base)
|
Contoh: John didn’t go to London last year. (John tidak pergi ke London
tahun lalu.)
- INTERROGATIVE
SENTENCE
auxiliary verb
|
+
|
subject
|
+
|
main verb
|
(did)
|
(base)
|
Contoh: Did John go to London last year? (Apakah John pergi ke London tahun
lalu?)
B. VERB PADA SIMPLE PAST TENSE
Berlaku untuk semua subjek:
V1
(base) |
V2
(past) |
||
regular verb
|
work
explode like |
worked
exploded liked |
Bentuk lampau
untuk semua verba reguler berakhir dengan -ed.
|
irregular
verb
|
go
see sing |
went
saw sang |
Bentuk lampau
kata kerja tak beraturan adalah variabel.
|
subject
|
auxiliary verb
|
main verb
|
|||
+
|
I
|
went
|
to school.
|
||
You
|
worked
|
very hard.
|
|||
-
|
She
|
did
|
not
|
go
|
with me.
|
We
|
did
|
not
|
work
|
yesterday.
|
|
?
|
Did
|
you
|
go
|
to London?
|
|
Did
|
they
|
work
|
at home?
|
Pengecualian! Untuk penggunaan to be berbeda!
subject
|
main verb
|
|||
+
|
I, he/she/it
|
was
|
here.
|
|
You, we, they
|
were
|
in London.
|
||
-
|
I, he/she/it
|
was
|
not
|
there.
|
You, we, they
|
were
|
not
|
happy.
|
|
?
|
WasWere
|
I, he/she/it You, we, they
|
right?
|
IX. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Guru memberikan
salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa
kehadiran siswa.
c. Guru
menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
d.
Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa
kemudian siswa menjawabnya.
2. Kegiatan Inti
a.
Guru bercerita tentang aktifitasnya yang dilakukan pada waktu lampau, siswa
mendengarkan.
b.
Guru meminta beberapa siswa untuk bercerita singkat tentang aktifitas yang dilakukan
pada waktu lampau.
c. Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal.
3.
Kegiatan Akhira. Guru memeriksa hasil kerja siswa.
b. Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
X. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
XI. Sumber
a.Global access
b.Practice Your English (Module)
b.Practice Your English (Module)
Alat : Spidol,papan
tulis,penghapus.
XII. Evaluasi
1) Change the verbs in brackets using Simple Past in
Positive(+),Negative(-) and Interogative(?).
1.
1.
Kompetensi
dasar : Menceritakan pekerjaan di
masa lalu dan rencana kerja yang akan
datang
Indikator :
Memahami penggunaan Simple Past dalam kalimat.
Indikator
soal : Siswa melengkapi
kalimat dengan menggunakan SIMPLE PAST
Soal :
I (see) a movie yesterday.
Jawaban : Saw
2.
Kompetensi
dasar : Menceritakan pekerjaan di
masa lalu dan rencana kerja yang akan
datang
Indikator :
Memahami penggunaan Simple Past dalam kalimat.
Indikator
soal : Siswa melengkapi
kalimat dengan menggunakan SIMPLE PAST
Soal :
My uncle _________
(live) in London before he moved to Bali
Jawaban : Lived
3.
Kompetensi dasar : Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang
Indikator :
Memahami penggunaan Simple Past dalam kalimat.
Indikator soal : Siswa melengkapi kalimat dengan
menggunakan SIMPLE PAST
Soal : (Do) you have your dinner last night?
Jawaban : Did
4.
Kompetensi dasar : Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang
Indikator :
Memahami penggunaan Simple Past dalam kalimat.
Indikator soal : Siswa melengkapi kalimat dengan
menggunakan SIMPLE PAST
Soal : They (are) not busy when the
teacher came.
Jawaban : Were
5.
Kompetensi dasar : Menceritakan
pekerjaan di masa lalu dan rencana
kerja yang akan datang
Indikator :
Memahami penggunaan Simple Past dalam kalimat.
Indikator soal : Siswa melengkapi kalimat dengan
menggunakan SIMPLE PAST
Soal : You (Do) not call
yesterday.
Jawaban : Did
XIII. Penilaian
Pedoman penskoran :
1. Untuk
soal bagian I,nomor 1-5 tiap jawaban benar skor : 20
2. Jumlah
skor maksimal I = 5 x 20 = 100
Total = 100
3. Nilai
maksimal = 100
4. Nilai
siswa = skor
perolehan X nilai maksimal (20)
Skor maksimal (100)
Kupang,18-11-2013
CALON GURU
MENGETAHUI
DOSEN
PEMBIMBING GURU PAMONG
MENGESAHKAN
KEPALA
SEKOLAH
No comments:
Post a Comment